Senin, 20 Juni 2011

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Matematika adalah ilmu yang berkaitan dengan angka, perhitungan, logika, dll. Tetapi banyak dari para siswa takut dengan pelajaran matematika, padahal matematika bukan suatu mata pelajaran yang patut untuk ditakuti. Karena belajar matematika ternyata mengasyikkan dan tidak membosankan. Misalnya saja pemjumlahan 2 + 3 = 5 yang berati netral dalam ruang dan waktu yang ada, sedangkan makna dari 2 ≠ 2 itu dapat dilekatkan dalam suatu waktu. Dalam filsafat matematika itu akan bernilai benar ketika ada di dalam pikiran atau ketika sedang dipikirkan, tetapi ketika sudah di ucapkan dan dituliskan akan salah. Itu semua akan dianggap benar apabila terkait dengan ruang dan waktu.
Sedangkan belajar filsafat berarti juga mempelajari pikiran kita sendiri, karena sedalam-dalamnya kita mempelajari filsafat itu berarti juga seberapa dalam kita mempelajari pikiran kita. Sebenarnya mempelajari filsafat itu santai dan menantang, karena memepelajari filsafat sama halnya dengan mempelajari apa yang ada dalam diri kita sendiri. Maka mempelajari filsafat dapat dikatakan usaha manusia untuk menuntut ilmu. Karena sebenar-benarnya filsafat itu tidak lain dan tidak bukan adalah diriku sendiri. Filsafat dapat di implikasikan dalam matematika murni yang berkaitan dalam dunia pendidikan matematika, yaitu dapat membawa manfaat untuk mengetahui kualitas dan kuantitas secara bertingkat.
Dalam filsafat ada dua objek yaitu, objek formal yang berarti wadah dan objek material yang mempunyai makna isi, tetapi wadah disini juga dapat berperan sebagai isi. Di dalam filsafat kita sebagai orang yang mempelajari filsafat kita bebas untuk berfikir karena sifat dari filsafat itu adalah menterjemahkan dan diterjemahkan tentang teori ( referensi tesis / pendapat sendiri ) dan paktek ( pengalaman antithesis ) , dan satu kelemahan dari kebebasan berfikir yaitu dapat terkendala oleh referensi, sebab hidup berdasarkan dengan teori dan praktek. Sedangkan untuk aplikasi setelah kita mempelajari filsafat adalah meliputi yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini. Dan untuk manfaat dari pendidikan karakter itu sendiri adalah oleh siapa dan untuk siapa kita mempelajari filsafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar